News Update :
Home » » Peraturan Baru Kualifikasi F1 2016

Peraturan Baru Kualifikasi F1 2016

Penulis : Kwanyar News on Friday 18 March 2016 | 13:09

 

Kualifikasi Formula 1 2016 Jadi Tantangan Awal Rio Haryanto


Aturan baru Kualifikasi Formula 1 2016 menjadi tantangan perdana Rio Haryanto jelang Grand Prix Australia 2016 pada Minggu (20/3/2016). Aturan yang cukup rumit ini, akan membuat kualifikasi terbagi ke dalam empat sesi, dan di sesi puncak, hanya ada dua pebalap yang bertarung untuk memperoleh pole position. Para pebalap semenjana, bisa langsung terlempar di kualifikasi pertama.

Terobosan baru kualifikasi Formula 1 awalnya baru diterapkan pada GP Rusia. Namun ternyata, percobaannya dipercepat sejak seri pertama. Dalam sesi pertama kualifikasi, seluruh pebalap akan diberi kesempatan unjuk gigi meraih waktu tercepat. Akan ada 22 pebalap yang bertarung di sesi ini.


Namun kualifikasi pertama (Q1) akan langsung memakan korban. Setiap 90 detik sekali, pebalap paling lambat akan tereliminasi alias gugur. Dalam durasi 16 menit, akan ada tujuh pebalap yang lenyap. Sementara 15 yanglain berhak melanjutkan ke sesi berikutnya, kualifikasi 2 (Q2).

Di babak ini, hal yang sama akan terulang. Dalam durasi 16 menit, akan ada tujuh pebalap yang tereliminasi. Hitungannya pun sama, setiap 90 detik sekali. Dengan demikian, dari kualifikasi kedua, hanya akan ada 8 pebalap yang maju ke kualifikasi 3 (Q3).
Aturan kualifikasi ketiga masih sama. Setiap 90 detik sekali, pebalap paling lambat akan tercoret. Namun, durasinya hanya 14 menit.

Dengan demikian, hanya ada enam orang yang gugur. Di akhir kualifikasi ketiga, akan muncul dua pebalap tercepat yang masuk ke kualfiikasi empat (Q4). Di sinilah penentuan segalanya, dua pebalap bertarung selama 90 detik untuk memperebutkan pole.

Rio Haryanto yang pada tes pra musim lalu cuma bisa mendapatkan posisi terbuncit, kini bisa membuktikan bahwa keraguan terhadap dirinya tidak benar. Sang pebalap Manor akan unjuk gigi dalam kualifikasi yang akan diputar pada 19 Maret 2016 mendatang.
Share this article :
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. Formula 1 . All Rights Reserved.
Design Template by kwanyar-news | Support by creating website | Powered by Blogger