News Update :
Home » , » Peraturan Baru Kualifikasi F1 2016 Di Batalkan

Peraturan Baru Kualifikasi F1 2016 Di Batalkan

Penulis : Kwanyar News on Tuesday 22 March 2016 | 06:51

 

Peraturan Kualifikasi F1 2016 Kembali Ke Versi Lama


Peraturan Baru Kualifikasi F1 2016 yang membingungkan, dihapus. Mulai GP Bahrain dua pekan mendatang, ajang Formula 1 kembali ke format lama. Sebelumnya aturan baru yang terdiri dari empat sesi kualifikasi, dan memakai format eliminasi untuk menentukan pole position.justru mengacaukan seri pertama Grand Prix Australia.

Dalam pertemuan di Melbourne pada Minggu (20/3) disepakati oleh semua tim, mereka ingin kembali ke format lama kualifikasi. Pasalnya, diklaim oleh bos Mercedes, Toto Wolf, “Kami memang ingin memperbaiki pertunjukan (di Formula 1) tetapi kami telah mengambil jalur yang keliru.”


Sejatinya, FIA bertujuan menciptakan ketegangan yang lebih ekstra dalam sesi kualifikasi. Namun dalam percobaan di GP Australia, yang tercipta justru kebingungan. Di sesi pertama kualifikasi, akan ada tujuh pebalap tereliminasi setiap 90 detik. Mereka adalah yang menduduki peringkat terbuncit dalam tes. Dengan demikian, di kualifikasi kedua tinggal tersisa 15 pebalap.

Eliminasi ini terus berlaku di kualifikasi kedua dan ketiga, hingga akhirnya hanya ada dua pebalap yang akan beradu di kualifikasi keempat, untuk perebutan pole. Meskipun tujuannya baik, semua tim F1 sepakat bukan kualifikasi yang demikian yang ingin mereka dapatkan.

Pimpinan Red Bull, Christian Horner menyebut, “Niatan untuk aturan baru kualifikasi adalah untuk lebih menciptakan kejutan. Tapi sialnya hal tersebut tidak terjadi. Seluruh tim sudah sepakat, kualifikasi yang demikian, tidak bisa bekerja dengan benar, dan kami ingin kembali (ke format kualifikasi lama) secepat mungkin.”

Aturan baru kualifikasi ini diperkenalkan oleh Bernie Ecclestone, bos F1. Pada awalnya semua tim sepakat memakainya pasca uji coba musim dingin. Dengan eliminasi ketat setiap 90 detik, maka ada kemungkinan posisi peserta di grid bisa terkocok lebih acak, dan pebalap dari tim gurem sekalipun bisa berbicara. Namun kenyatannya, di GP Australia hal tersebut tidak tercipta.

Share this article :
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. Formula 1 . All Rights Reserved.
Design Template by kwanyar-news | Support by creating website | Powered by Blogger