News Update :
Home » » Rio Haryanto Dicurangi Oleh Formula 1

Rio Haryanto Dicurangi Oleh Formula 1

Penulis : Kwanyar News on Wednesday 23 March 2016 | 00:51

 

Fakta Menarik Kalau Rio Haryanto Dicurangi


Romain Grosjean pebalap Haas, resmi diumumkan sebagai pemenang Driver of the Day GP Australia 2016. Namun hal tersebut tidak bisa diterima oleh akun twitter @ManorF1FanBlog. Akun tersebut mengunggah data yang menunjukkan, seharusnya Rio Haryanto yang menjadi pemenang. Pasalnya, jumlah vote untuk Rio jauh atas Grosjean.

Performa Romain Grosjean di GP Australia pada Minggu (20/3) memang luar biasa. Ia memberikan angka pertama untuk Haas yang menjadi tim debutan di Formula 1 musim ini. Tidak tanggung-tanggung, Grosjean mampu finish di urutan keenam dan berhak mendapatkan 8 poin. Haas bisa berada di atas Force India, Toro Rosso, Renault, McLaren, Sauber, dan Manor untuk sementara.


Prestasi Romain Grosjean tersebut wajar saja jika diberi ganjaran pemenang Driver of the Day GP Australia, mengalahkan sang juara race, Nico Robserg. Namun akun @ManorF1FanBlog menilai ada yang tidak beres dalam penentuan pemenang. Pasalnya, Driver of the Day dipilih oleh fans berdasarkan jumlah vote di situs Formula1.com.

Masalahnya, dalam data yang diunggah oleh @ManorF1FanBlog terungkap jika vote untuk Rio Haryanto mencapai 22.143 vote. Jumlah itu nyaris dua kali lebih banyak daripada milik Romain Grosjean (13.670 vote). Selanjutnya, dalam blog akun tersebut, diklaim bahwa pada akhirnya total vote untuk Rio adalah 23.750 suara, sementara Grosjean 18.975 suara.

Namun dalam selang beberapa waktu, F1 mengumumkan Grosjean sebagai pemenang, tanpa mencantumkan berapa jumlah vote yang diterimanya. Hal inilah yang menimbulkan dugaan, Rio telah dicurangi. F1 seolah sengaja mengubah aturan, bahwa pebalap dengan vote terbanyaklah yang menang.

Diklaim oleh ManorF1FanBlog, jika menang F1 ingin mengubah aturan sehingga mungkin pemenang Driver of the Day benar-benar didasarkan pada objektivitas, semestinya aturan itu baru diberlakukan di GP Bahrain, seri berikutnya. Bukan beberapa saat setelah pebalap yang tidak sesuai perkiraan F1, bisa mendapatkan vote terbanyak.
Share this article :
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. Formula 1 . All Rights Reserved.
Design Template by kwanyar-news | Support by creating website | Powered by Blogger