News Update :
Home » » Rio Haryanto Resmi Dikeluarkan Tim Manor Dari F1 2016

Rio Haryanto Resmi Dikeluarkan Tim Manor Dari F1 2016

Penulis : Kwanyar News on Thursday 11 August 2016 | 02:28



Rio Haryanto Ucapkan Selamat Tinggal Untuk F1 2016


Rio Haryanto resmi dicoret Manor sebagai pebalap mereka. Dengan demikian, sang pebalap Indonesia harus mengucapkan selamat tinggal untuk F1 2016. Rio selama ini sudah berjuang habis-habisan demi mendapatkan hak bisa tampil semusim penuh di tahun pertamanya di Formula 1.

Namun, tidak adanya uang yang dibutuhkan untuk mengarungi sisa kompetisi, memaksa Manor memarkir Rio. Sebagai pengganti, Manor menunjuk Esteban Ocon untuk berduet dengan Pascal Wehrlein.

12 seri sudah berlalu sejak awal musim F1 2016. Sejarah sudah diukir oleh Rio Haryanto sebagai pebalap Indonesia pertama yang bisa berlaga di ajang paling bergengsi selevel Formula 1. Rio juga merupakan satu-satunya pebalap Asia musim ini. Namun, ia tidak bisa melanjutkan sisa sembilan balapan lagi. Rio harus mengakhiri perjalanan sebelum GP Belgia.

Di awal kedatangannya di Formula 1, Rio Haryanto mendapatkan dukungan penuh dari Menpora Imam Nahrawi. Bahkan surat jaminan Menpora pula yang membuat Manor yakin akan ada pendanaan penuh untuk Rio.

Namun nyatanya mencari sponsor dari Indonesia tidak semudah membalikkan telapak tangan. Dari 15 juta Euro yang dibutuhkan, cuma 8 juta Euro yang tersedia. 5 juta di antaranya dari Pertamina, sementara 3 sisanya dari Kiky Sports.

Menpora sendiri, setelah setengah musim, tak bisa memenuhi jaminannya. Ia menyatakan pemerintah tak bisa membantu finansial Rio, meski sempat berharap terjadi keajaiban. Sayang hingga detik-detik terakhir, keajaiban itu tidak datang. Bahkan meski manajer Rio Haryanto, Piers Hunnisett sempat menyebut, ada penjajagan dari perusahaan Thailand dan Malaysia untuk kliennya.

Pihak Manor sendiri, sejak awal menyatakan keinginan mempertahankan Rio Haryanto sampai akhir musim. Pasalnya mereka menemukan kecocokan dengan sang pebalap Indonesia. Tapi, Manor bukanlah Mercedes atau Ferrari yang bisa membiayai perjalanan para pebalapnya hingga akhir musim. Sudah sejak awal Manor menyebut, menyediakan dua slot pebalap untuk mereka yang memiliki biaya mengarungi kompetisi.

Rio Haryanto menutup musim pertamanya di Formula 1 tanpa satu poin pun. Namun, ia mendapatkan nilai C dari Telegraph, yang menunjukkan sang pebalap Indonesia bukanlah pebalap terburuk di F1 2016.
Share this article :
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. Formula 1 . All Rights Reserved.
Design Template by kwanyar-news | Support by creating website | Powered by Blogger